Ciamis

Pembelajaran Dimasa Pandemi, Disdik Ciamis Diminta Tak Segan Lakukan Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ditengah pandemi Covid-19 saat ini sistem pembelajaran jarak jauh atau daring masih menjadi salah satu upaya untuk tetap berjalannya proses belajar mengajar di dunia pendidikan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis memberikan saran dan rekomendasi kepada Pemkab Ciamis dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk tidak segan melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi.

Hal tersebut disampaikan salah satu dosen FKIP Unigal Ciamis yang juga sebagai Ketua Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Prodi Bahasa Inggris, Etika Rachmawati, M.Pd.

Menurutnya, tantangan era digital di era revolusi industri 4.0 menuntut sistem pendidikan mampu mengaplikasikan teknologi digitalisasi sistem belajar mengajar.

“Terlebih tuntutan tersebut semakin tinggi seiring dengan pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh atau daring,” kata Etika kepada PasundanNews.com, Senin (8/3/2021)

Dikatakan Etika, digitalisasi sistem pendidikan dan metode belajar mengajar sudah tidak bisa dihindarkan dan bahkan menjadi keharusan.

Budaya kehidupan manusia hari ini sudah bergeser dari cara hidup yang konvensional ke budaya serba digital dan virtual. Begitu pula dalam dunia pendidikan.

“Dalam faktanya, tuntutan tersebut tidak secara otomatis mampu diterapkan oleh para guru terutama di Sekolah dasar,” katanya.

Berdasarkan tuntutan digitalisasi tersebut, dalam rangka melaksanakan pengabdian, pihaknya melakukan penelitian terhadap para guru SD tentang pengaplikasian dan metode pembelajaran virtual.

“Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa, banyak guru yang merasa kebingungan, aplikasi apa yang harus digunakan yang dinilai efektif dan efisien,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Etika, bagaimana menggunakan aplikasi pembelajaran virtual tersebut dan bagaimana membuat metode pembelajaran yang tepat.

“Dari hasil penelitian ini, para guru meminta diadakan pelatihan secara intensif terutama bagi guru – guru SD, terlebih bagi guru yang secara usia sudah lanjut,” ucapnya.

Oleh karenanya, pihaknya memberikan saran dan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan Ciamis untuk bisa melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi.

Hal ini dianggap sangatlah penting untuk membantu menginformasikan model dan metode pembelajaran digital terbaru, terutama bagi guru SD.

“Mengingat banyak sekali jenis aplikasi pembelajaran yang bisa diukur efektifitas dan efisiensinya,” pungkasnya.

Hendriawan Firmansyah

Leave a Comment

Recent Posts

Pastikan Keamanan Study Tour SMA Negeri 1 Banjar, Sembilan Unit Bus Lakukan Ram Check

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Banjar, bersama dengan Satlantas Polres Banjar melakukan…

3 jam ago

Mengaku Berfikir Realistis, Sulyanati Fokus pada Bacalon Wakil Wali Kota di Pilkada Banjar 2024

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Aktivis Eksponen Forum Peningkatan Status Kotif Banjar (FPSPKB), Sulyanati, terus menunjukkan…

3 jam ago

Eks Drummer Bagindas Ivan Hervian Banting Stir ke Bisnis Kuliner

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Ivan Hervian (43), mantan drummer band Bagindas, kini memilih untuk banting…

15 jam ago

HUT Bank BJB ke-63, Ajukan KPR dengan Suku Bunga Murah Berlimpah Hadiah

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) ke-63 nasabah atau calon…

16 jam ago

Dapatkan Diskon Menarik saat Transaksi di Merchant dengan DIGI, DigiCash dan QRIS BJB

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Dapatkan diskon menarik saat momen ulang tahun Bank BJB ke-63 tahun.…

16 jam ago

BJB Punya Promo Diskon 63 Persen dan Cashback untuk Menambah Modal UMKM

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Bank BJB berkomitmen dan konsisten mendorong pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil,…

16 jam ago