Ciamis

Panen Raya Padi di Lakbok Ciamis, Upaya Ketersediaan Pangan untuk Kesejahteraan Masyarakat

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Panen Raya Padi berlangsung pada Kamis (26/9/2024) di Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis.

Acara diselenggarakan oleh Kodim 0613/Ciamis sebagai bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan nasional tahun 2024.

Turut hadir Pj (Penjabat) Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, dalam kegiatan panen raya padi tersebut.

Hadir juga seluruh unsur Forkopimda Ciamis serta pihak- pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Engkus menjelaskan, ketahanan pangan merupakan isu penting yang tidak bisa dipisahkan dari ketersediaan pangan dan keterjangkauan harga.

“Ketersediaan pangan sangat terkait dengan pembangunan pertanian, termasuk perluasan lahan sawah dan intensifikasi pertanian,” ungkapnya.

Engkus menegaskan, bahwa ketersediaan pangan harus diimbangi dengan pengendalian harga agar masyarakat dapat menjangkau kebutuhan pokok mereka.

“Keduanya harus berjalan seiring dalam upaya meningkatkan hasil pertanian dan menjaga keterjangkauan harga bagi masyarakat,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan bahwa baru-baru ini, pemerintah telah meresmikan Bendungan Leuwikeris, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para petani di Ciamis.

“Dengan keberadaan bendungan ini, hasil pertanian di daerah ini diharapkan akan meningkat, memberi dampak positif bagi para petani,” katanya.

Pemeruntah berkomitmen untuk terus meningkatkan ketahanan pangan dengan melibatkan penyuluh pertanian yang langsung turun ke masyarakat.

Engkus menyatakan bahwa ke depan, Perumda akan didorong untuk membeli hasil pertanian dari masyarakat dengan harga yang stabil dan tetap tinggi.

“Selanjutnya, hasil pertanian ini akan dipasarkan ke berbagai daerah untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Ia menggarisbawahi pentingnya koordinasi dan kombinasi yang baik antara semua pihak terkait untuk menjaga ketahanan pangan di daerahnya.

“Dengan harga yang stabil, daya beli masyarakat akan meningkat, sehingga kita dapat mencegah terjadinya kelaparan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi pengangguran serta kemiskinan,” jelasnya.

Engkus menekankan bahwa ketersediaan pangan adalah hal yang sangat mendasar dan berpengaruh pada inflasi.

“Sebagai penjabat bupati, salah satu tugas saya adalah mempertahankan ketahanan pangan demi kesejahteraan masyarakat Ciamis,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Deni Rudini

Leave a Comment

Recent Posts

DPD PKS Pangandaran Gelar Konsolidasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024.

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - DPD PKS Pangandaran mengadakan konsolidasi persiapan pemenangan Pilkada Serentak 2024. Acara…

12 jam ago

Bambang Hidayah Paparkan Visi Misi BADAMI kepada Masyarakat di Kujangsari Kota Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Calon Walikota Banjar, H. Bambang Hidayah melakukan kampanye di Dusun Sindangmulya,…

15 jam ago

Jelang Pilkada 2024, Kapolres Pangandaran Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Kapolres Pangandaran AKBP Mujianto mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga…

15 jam ago

Ketua KONI Pangandaran Apresiasi Juara Liga Damen, Dorong Cabor Sepakbola di Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Pangandaran Agus Mulyana apresiasi juara…

15 jam ago

GIIAS Tahun 2024, Bey Machmudin : Pajak Kendaraan Sangat Penting bagi Jawa Barat

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) berlangsung pada Rabu (25/9/2024) bertempat…

16 jam ago

Amanda Soemedi dampingi Ketum TP PKK Pusat Hadiri Gerakan Pasar Murah di Kabupaten Bogor

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pj Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Amanda Soemedi Bey Machmudin…

16 jam ago