Ciamis

Jadi Narasumber di Training Intisab II PUI Jabar, Wabup Yana: Pemuda Islam Harus Berkontribusi dalam Pembangunan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Selaku Pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level Nasional bahkan sampai level Desa tempat tinggalnya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra saat menjadi narasumber pada Training Intisab II Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI) Jawa Barat di Aula Wisma PGRI Kabupaten Ciamis, Jum’at (25/9/2020).

“Pemuda PUI harus aktif, mandiri dan menciptakan perubahan serta peluang baru untuk ikut serta dalam pembangunan daerah,” kata Yana.

Menurutnya, sebagai pemuda yang aktif dalam pergerakan haruslah memiliki 3 skill yang mampu membantu akselerasi personal maupun organisasi.

Pertama, Self Intelektual Skill (Memiliki Ide Gagasan), Pemuda Islam dituntut untuk memiliki gagasan dan ide baru dalam menyelesaikan berbagai permasalahan serta memberikan solusi atas perkembangan zaman.

Kedua, Technical Skill, sebagai leader dituntut untuk menguasai technical skill, ini diperlukan sebagai dasar penguasaan bidang tertentu yang didalami agar lebih memahami seluk beluk persoalan yang harus diselesaikan di bidang yang dikelola atau dipimpinnya.

Ketiga, Human Skill, kemampuan bersosialisasi dalam membangun human realtion dan berjejaring dengan lintas komunitas atau personal harus ditumbuhkan. Hal ini diperlukan sebagai langkah ikhtiar menyambungkan tujuan untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur.

“Tantangan saat ini lebih berat dengan konsekuensi logis perkembangan zaman dan globalisasi. Oleh karena itu, kita selaku pemuda harus mampu meningkatkan skill untuk menyiapkan diri dalam persaingan global saat ini,” pungkasnya. (Hendry/Pasundannews.com)

Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Laga Kedua Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Menang Telak Atas Persim Maros 2-0

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Liga 3 Nasional dalam laga lanjutan grup G pertemukan PSGC Ciamis…

9 jam ago

Distan dan Kodim 0625/Pangandaran Kerjasama Pasang Pompa Air untuk Pertanian Tadah Hujan

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Pertanian (Distan) dan Kodim 0625/Pangandaran bekerjasama untuk memasang pompa air…

10 jam ago

Timnas U-23 Tembus Semifinal Piala Asia, Pj Gubernur Jabar Sebut Olimpiade Paris 2024 Masih Terbuka Lebar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Timnas (Tim Nasional) U-23 masuk semifinal Piala Asia 2024. Dalam hal…

16 jam ago

Dinsos Jabar Tangani Pasien tanpa Pendampingan Keluarga, Kini Bisa Dipulangkan dari RSHS

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menangani pasien yang sudah dirawat satu…

16 jam ago

Pisah Sambut Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman Harapkan Bisa Sinergi dengan Pemdaprov Jabar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pisah sambut dan serah terima jabatan Penjabat (Pj) Bupati Sumedang berlangsung…

17 jam ago

Pergerakan di Cianjur, Pj Gubernur Jabar Minta PVMBG Segera Asesmen Lokasi Bencana

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Tanah bergerak terjadi di Kampung Sukajadi, Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten…

17 jam ago