Jawa Barat

Janji Benahi Kawasan Puncak Bogor, Dedi Mulyadi: Harus Berpihak pada Konservasi Lingkungan

PASUNDAN NEWS – Bakal calon gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi berkomitmen untuk menata kawasan Puncak Bogor secara lebih baik. Hal itu ia sampaikan di acara “KDM Menyapa Jabar Istimewa” yang digelar di Kabupaten Bogor, Jumat (13/9/2024) malam.

Pria yang akrap disapa KDM menyadari bahwa Puncak merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Barat, namun perlu penataan agar tidak merusak lingkungan.

“Puncak itu indah dan harus kita jaga keindahannya. Investasi di Puncak harus dilakukan dengan bijak dan tidak boleh mengganggu konservasi lingkungan,” ujar Dedi.

Mantan Bupati Purwakarta itu menekankan pentingnya memberikan tempat yang layak bagi para pedagang di kawasan tersebut, namun pedagang juga harus memiliki kesadaran untuk mengelola tempat mereka dengan baik.

Dedi mencontohkan pengalamannya dalam menata pasar dan memberikan kios gratis kepada pedagang di daerah lain. Namun, ia juga menyoroti masalah perilaku pedagang yang kurang peduli dalam menjaga kebersihan dan kualitas tempat dagang mereka.

“Masalah mentalitas ini perlu kita perbaiki. Masyarakat harus memiliki rasa kepemilikan terhadap fasilitas yang diberikan oleh pemerintah,” kata Dedi.

Ia menambahkan, daerah Puncak harus menjadi pusat investasi dan pariwisata yang bermanfaat bagi semua pihak, baik wisatawan maupun warga sekitar.

“Puncak adalah milik rakyat Jawa Barat dan rakyat Bogor, bukan hanya milik beberapa orang. Warga sekitar harus mendapat kesempatan yang luas untuk berusaha di sana dengan nyaman dan tenang, tanpa mengabaikan aspek konservasi,” tegasnya.

Selain itu, kedepan, jika terpilih, Dedi akan berkoordinasi dengan pemerintah DKI Jakarta dalam menjaga kawasan Puncak. Ia berharap agar kebijakan yang diambil bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, tidak hanya di Jawa Barat tetapi juga di DKI Jakarta.

“Kita harus bekerja sama agar Puncak bisa terus menjadi destinasi wisata unggulan tanpa merusak keseimbangan alam,” pungkasnya.***

Feri Johansah

Leave a Comment

Recent Posts

Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Politik Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Pemkab Ciamis melalui Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) menyelenggarakan sarasehan…

2 jam ago

Sabet Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Pimpinan DPRD dan Pemkab Ciamis Berikan Teladan Lingkungan Hidup

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra berhasil diraih oleh Pimpinan DPRD dan…

3 jam ago

Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Banjar Tetapkan DPT Sebanyak 154.425 Pemilih

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - KPU Kota  Banjar menggelar Rapat Pleno Terbuka untuk penetapan DPT (Daftar…

4 jam ago

Bey Machmudin Turut Belasungkawa Takziah ke Korban Perdagangan Orang di Kamboja

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin takziah kepada korban perdagangan orang…

8 jam ago

IWEB Award 2024, Ini Pesan Kolaborasi Pentaheliks dari Sekda Jabar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - IWEB (Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis) Award tahun 2024 diselenggarakan pada Selasa…

8 jam ago

APS Pilkada 2024 Menjamur di Kota Banjar, Bawaslu Belum Punya Wewenang Menindak

BERITA BANJAR, PASUMDANNEWS.COM - Sejumlah Alat Peraga Sosialisasi (APS) pasangan calon (paslon) Pilkada 2024 mulai…

8 jam ago