Tasikmalaya

HUT TNI ke 79, Tiga Komunitas di Tasikmalaya Akan Gelar Pasanggiri Jaipong Se-Priangan Timur

BERITA TASIKMALAYA, PASUNDANNEWS.COM – Pasanggiri Jaipong se Priangan Timur tahun 2024 yang memperebutkan Piala Danlanud Wiriadinata akan digelar di Lapangan Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya, pada Sabtu-Minggu (5-6/10/2024).

Acara ini diselenggarakan oleh tiga komunitas, yaitu Poros Entertainment, Sukapura Ngadaun Ngora, dan Kedai Okink dalam rangka HUT TNI ke 79.

Acara ini diikuti oleh 79 peserta yang berasal dari Banjar, Ciamis, dan Tasikmalaya. Mereka terbagi ke dalam beberapa kategori, mulai dari pemula hingga mahir.

Untuk kategori pemula, siswa SD kelas 1-3 baik putra maupun putri, sedangkan siswa kelas 4-6 SD bersaing dalam kategori Madya.

Adapun kategori Mahir diikuti oleh peserta dari jenjang SMP dan SMA, baik putra maupun putri.

Jayeng, ketua panitia sekaligus ketua penyelenggara, mengungkapkan kebanggaannya terhadap tingginya antusiasme peserta yang akan mengikuti pasanggiri ini.

“Kami sangat terharu melihat semangat para peserta yang begitu antusias, apalagi ini ajang yang memberikan ruang bagi generasi muda untuk mencintai budaya Sunda melalui tari Jaipong,” ujarnya saat technical meeting di kedai Okink, Tasikmalaya, Jumat (4/10/2024).

Jayeng menambahkan, para peserta yang mengikuti pasanggiri Jaipong ini akan memperebutkan Piala Danlanud Wiriadinata sebagai simbol prestasi.

Selain itu, pemenang juara 1, 2, 3, dan favorit berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan, serta uang pembinaan.

“Penghargaan ini tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai motivasi bagi para peserta untuk terus mengembangkan kemampuan mereka di bidang seni tari,” tambah Jayeng.

Kegiatan pasanggiri ini juga merupakan kolaborasi dengan Lanud Wiriadinata. Menurutnya, acara ini menjadi momen penting bagi para siswa untuk menunjukkan bakat mereka.

Pihak panitia berharap acara ini bisa menjadi ajang tahunan yang terus digelar untuk melestarikan budaya tradisional Sunda.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Hermanto

Leave a Comment
Share
Published by
Hermanto

Recent Posts

Peringati HUT TNI ke-79, Kodim 0625 Ziarah ke Makam Pahlawan Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Kodim 0625 Pangandaran melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam…

11 jam ago

GP Ansor Ciamis Sarankan Hak Pilih di Pilbup 2024 Berdasarkan Kemaslahatan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - GP (Gerakan Pemuda) Ansor Kabupaten Ciamis laksanakan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi…

14 jam ago

Kodim Pangandaran Gotong Royong Bangun Jembatan Gantung di Desa Putrapinggan

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Kodim 0625/Pangandaran melaksanakan Karya Bakti Skala Besar (KBSB) dengan membangun jembatan…

14 jam ago

Siswa SDN 7 Hegarsari Kunjungi Polres Banjar, Dikenalkan Berbagai Satuan Fungsi dan Tugas Polri

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Polres Banjar Polda Jabar, menerima kunjungan siswa-siswi SDN 7 Hegarsari Kota…

14 jam ago

Terkena Bisa King Kobra, Dua Pemuda di Kota Banjar Terkapar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Dua pemuda di lingkung Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal, Kota Banjar, terpaksa dilarikan…

15 jam ago

Kolaborasi Bank BJB, OJK dan Pemkot Sukabumi Adakan Literasi Keuangan bagi UMKM Naik Kelas

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Kolaborasi Bank BJB, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Jawa Barat dan…

19 jam ago