Polhukam

Emil Minta KPU Evaluasi Sistem Penyelenggaraan Pemilu

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta KPU mengevaluasi jalannya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019. Hal tersebut dikarenakan banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia karena sistem maupun teknis pekerjaan yang dinilai tidak sesuai.

Di Provinsi Jawa Barat, sebanyak 46 petugas KPPS dan tiga anggota kepolisian meninggal dunia selama menjalankan tugasnya. Para korban tersebut, meninggal dunia lantaran kondisi kesehatan yang kurang baik dan tidak sesuai dengan waktu pekerjaan sebagai petugas KPPS.

“Saya minta KPU evaluasi penyelenggaraan Pemilu agar jangan sampai tiap lima tahun mengorbankan banyak nyawa dengan sebuah pilihan teknis yang mungkin kurang tepat,” ujar Ridwan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (23/04/2019).

Pria yang karib disapa Emil menjelaskan, terdapat perbedaan sistem penyelenggaraan Pemilu 2019 dibanding sebelumnya. Sebab, dalam Pemilu 2019 dilakukan secara serentak untuk Pilpres dan Pileg dengan lima surat suara yang memakan banyak waktu dan menjadi tanggung jawab petugas KPU.

“Bukan hanya hari H, karena H-1 mereka harus siaga, hari H nya apalagi. Jadi kondisi ini buah dari keputusan yang mungkin tidak dihitung secara maksimal,” ujarnya.

Selain KPU, Emil juga meminta DPR RI melakukan evaluasi karena kebijakan pelaksanaan Pemilu tidak luput dari persetujuan legislator. Menurutnya, sistem yang berjalan pada Pemilu 2019 merupakan hasil kesepakatan semua pihak, termasuk DPR RI sebagai lembaga negara.

“Saya gak terlalu ke teknis tapi intinya durasi waktu yang harus memperhitungkan fisik manusia. Kita disebut the most complex election in the world sebagai pujian, tapi dibalik itu deadliest dari sisi penyelenggaraan,” ucapnya. (iman)

hasim

Leave a Comment

Recent Posts

Polisi Segera Periksa Kejiwaan Pelaku yang Mutilasi Istri di Rancah Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Polres Ciamis segera melakukan tes kejiwaan terhadap pelaku pembunuhan di Desa…

4 jam ago

Anak dan Ayah Masuk ke dalam Sumur di Banjaranyar Ciamis, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Seorang anak bersama ayahnya di Dusun Tanjung, RT 14/RW 03, Desa…

14 jam ago

Ujang Endin Indrawan Serahkan Berkas Pendaftaran Bakal Calon Bupati ke DPC PKB Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Ujang Endin Indrawan menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Bupati Pangandaran ke Partai…

15 jam ago

Tiadakan Dua Foto Cabup Potensial Purwakarta di Survei, Diduga Skenario Untungkan Petahana

PASUNDAN NEWS - Masyarakat Kabupaten Purwakarta tengah kebingungan sebab dua tokoh kuat yang digadang-gadang akan…

16 jam ago

Pelaku Pembunuhan di Rancah Ciamis Bawa Daging Hasil Mutilasi dalam Baskom, Ditawarkan ke Warga Setempat

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Pelaku pembunuhan di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis merupakan seorang pria yang…

17 jam ago

Sekda Jabar Sebut Pentingnya Literasi Statistik untuk Menjaga Stabilitas Inflasi

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menyebutkan pentingnya literasi…

19 jam ago