Banjar

Diduga Akibat Sambaran Petir, Sebuah Rumah di Kota Banjar Terbakar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Sebuah rumah di Lingkungan Jadimulya Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mengalami kebakaran pada Senin (30/9/2024) sekitar pukul 17.30 WIB.

Rumah milik Raharjo Basuki (61), yang akrab dipanggil Herher, terbakar ketika hujan deras disertai angin dan petir melanda wilayah tersebut.

Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh seorang anak yang sedang bermain hujan-hujanan. Kemudian, ia melihat asap keluar dari atap rumah tersebut.

“Berdasarkan informasi yang kami dapat, kejadian ini diketahui oleh anak kecil yang sedang hujan-hujanan dan melihat asap keluar dari atap rumah. Dia langsung lapor ke penghuni rumah,” ujar Kepala UPTD Damkar Banjar, Aam Amijaya.

Mengetahui rumahnya kebakaran, penghuni rumah berteriak minta tolong.

Kemudian warga setempat datang dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dari UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar bersama tim BPBD tiba di lokasi sekitar pukul 17.50 WIB setelah menerima laporan dari warga.

Petugas Damkar Gerak Cepat Padamkan Api

Aam Amijaya, menyatakan bahwa proses pemadaman berlangsung cepat dan terkendali.

“Kami tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman dengan dua unit damkar. Api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 35 menit,” ujar Aam.

Aam juga menyebut bahwa penyebab kebakaran diduga akibat sambaran petir yang menyambar perangkat elektronik di rumah tersebut.

“Ada kemungkinan petir menyambar booster TV, yang kemudian menyebabkan kebakaran di bagian atap rumah,” jelasnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai sekitar Rp 15 juta.

“Kerugian ditaksir sekitar 15 juta rupiah. Kami mengimbau masyarakat untuk lebih waspada saat terjadi hujan deras disertai petir, terutama terkait perangkat elektronik di rumah,” tambah Aam.

Setelah api berhasil dipadamkan, tim BPBD dan Damkar melakukan pengecekan ulang untuk memastikan tidak ada sisa api yang berpotensi memicu kebakaran lanjutan. Penanganan kebakaran selesai sekitar pukul 18.25 WIB.

Meskipun kebakaran ini tidak menelan korban jiwa, peristiwa ini menjadi peringatan bagi warga agar lebih berhati-hati saat terjadi cuaca ekstrem, terutama saat petir menyambar.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Hermanto

Leave a Comment

Recent Posts

Jaga Ketahanan Pangan Masyarakat Adat Situ Golempang, Pj Bupati Ciamis Tabur Benih Ikan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Menjaga ketahanan pangan penambahan stok ikan menjadi komitmen untuk merawat ekosistem…

3 jam ago

Peringati HUT TNI ke-79, Kodim 0625 Ziarah ke Makam Pahlawan Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Kodim 0625 Pangandaran melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam…

15 jam ago

GP Ansor Ciamis Sarankan Hak Pilih di Pilbup 2024 Berdasarkan Kemaslahatan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - GP (Gerakan Pemuda) Ansor Kabupaten Ciamis laksanakan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi…

18 jam ago

Kodim Pangandaran Gotong Royong Bangun Jembatan Gantung di Desa Putrapinggan

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Kodim 0625/Pangandaran melaksanakan Karya Bakti Skala Besar (KBSB) dengan membangun jembatan…

18 jam ago

Siswa SDN 7 Hegarsari Kunjungi Polres Banjar, Dikenalkan Berbagai Satuan Fungsi dan Tugas Polri

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Polres Banjar Polda Jabar, menerima kunjungan siswa-siswi SDN 7 Hegarsari Kota…

18 jam ago

HUT TNI ke 79, Tiga Komunitas di Tasikmalaya Akan Gelar Pasanggiri Jaipong Se-Priangan Timur

BERITA TASIKMALAYA, PASUNDANNEWS.COM - Pasanggiri Jaipong se Priangan Timur tahun 2024 yang memperebutkan Piala Danlanud…

19 jam ago