Pangandaran

Bawaslu Pangandaran Gelar Evaluasi Pencegahan dan Pengawasan Pemilu Jelang Pilkada Serentak 2024

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar rapat evaluasi pencegahan dan pengawasan Pemilu 2024, Jumat (07/06/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula salah satu Hotel di Pangandaran ini juga sebagai bagian dari persiapan pengawasan menjelang pilkada serentak 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan,  menjelaskan, evaluasi dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada pemilu sebelumnya.

Sehingga pelaksanaan pencegahan dan pengawasan pemilu dapat di optimalkan pada Pilkada Pangandaran yang akan berlangsung pada November mendatang.

“Pada Pemilu sebelumnya ada beberapa persoalan yang menjadi referensi kita untuk menjadi bahan evaluasi, agar persoalan itu tidak terjadi lagi di Pilkada serentak 2024,” ujarnya

Menurutnya, jika Pilkada Pangandaran hanya diramaikan oleh dua pasangan calon, maka potensi rawannya lebih besar.

“Yang terpenting bagaimana kita bisa mengantisipasi dan  bisa mencegah ataupun bisa melakukan langkah-langkah preventif supaya hal itu tidak terjadi,” katanya.

Iwan pun menekankan kepada seluruh Panwaslu desa dan kecamatan untuk lebih optimal dalam mengawasi semua tahapan pemilu termasuk pada sisi regulasinya.

“Tugas kita mengawasi semua tahapan, memastikan apakah semua tahapan sudah sesuai dengan regulasinya atau tidak,” jelasnya.

Iwan menyebutkan, yang menjadi salah satu titik fokus pihaknya melakukan pengawasan pada potensi politisasi birokrasi dalam menghadapi Pilkada Pangandaran.

“Karena, ada beberapa potensi di antaranya potensi politisasi birokrasi yang menjadi titik fokus pengawasan kami,” ucap Iwan.

Pihaknya berharap, rapat evaluasi dan proyeksi menjelang Pilkada tahun 2024 ini bisa berujung saling menjaga terutama di kalangan SKPD di Kabupaten Pangandaran.

“Agar bagaimana politisasi birokrasi itu tidak terjadi. Kami juga menjadi salah satu proyeksi di Pilkada tahun 2024 ini untuk bagaimana Pilkada ini bisa diciptakan dengan iklim yang sejuk,” Ucap Iwan

Turut hadir dalam kegiatan ini dari unsur TNI/Polri, SKPD Pemkab Pangandaran, serta perwakilan stakeholder dari kecamatan se Kabupaten Pangandaran.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)

Deni Rudini

Leave a Comment

Recent Posts

Pembangunan Kantor BPS Kota Banjar Dipastikan Selesai Sesuai Jadwal

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Pembangunan Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjar menunjukkan kemajuan yang…

1 jam ago

PDAM Tirta Anom Kota Banjar Lakukan Perbaikan Saluran di Jalan Husein Kartasasmita

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - PDAM Tirta Anom Kota Banjar melakukan perbaikan saluran di sejumlah titik,…

2 jam ago

Mahasiswa Unpad Sebut Masih Banyak Problematika di tingkat Pemdes

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Mahasiswa Pascasarjana Prodi (Program Studi) Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran (UNPAD) Ihsan…

3 jam ago

Piala Eropa 2024 : Portugal vs Prancis, Masihkah Ronaldo Egois?

BERITA OLAHRAGA, PASUNDANNEWS.COM - Piala Eropa tahun 2024 pertemukan Portugal dengan Prancis. Portugal akan melawan…

10 jam ago

Dirjen Aptika Kominfo Undur Diri dari Jabatan, Bentuk Tanggung Jawab Moral

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika…

10 jam ago

Copa America 2024, Berikut Jadwal Lengkap Babak Perempat Final

BERITA OLAHRAGA, PASUNDANNEWS.COM - Copa America tahun 2024 kini telah memasuki babak perempat final. Usai…

10 jam ago