Ciamis

Angka Stunting di Kabupaten Ciamis Kembali Naik Jadi 25,4 Persen, Pemkab Adakan Rembuk

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Prevalensi atau angka Stunting di Kabupaten Ciamis naik menjadi 25.4 persen dari sebelumnya 18,6 persen.

Berdasarkan data SKI (Survei Kesehatan Indonesia) tahun 2023, angka stunting di Ciamis mengalami kenaikan 6,8 persen, sehingga tahun 2024 ini menjadi 25.4 persen.

Dalam upaya menurunkan angka prevelensi stunting, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Ciamis melaksanakan Rembuk Stunting, Kamis (30/5/2024) di Aula Setda Ciamis.

Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna menyampaikan bahwa pemerintah menetapkan percepatan penurunan stunting menjadi salah satu program prioritas nasional.

“Dengan target pada tahun 2024 yaitu angka prevalensi stunting turun menjadi 14 persen,” ujar Engkus.

Engkus menjelaskan, penurunan stuntung ini menjadi program prioritas nasional dengan terbitnya PP No.72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

Strategi percepatan penurunan stunting dilakukan secara konvergen melibatkan seluruh pemangku kepentingan mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa kelurahan.

Meski demikian, Pemkab Ciamis tetap optimis untuk terus menekan angka prevalensi stunting di setiap wilayah di Kabupaten Ciamis.

“Berdasarkan data rata-rata persentase anak stunting di Ciamis hasil bulan penimbangan balita untuk tahun 2023 angka prevalensi stuntingnya hanya sebesar 3.9 persen,” kata Engkus.

Kolaborasi Mencapai Target Nasional

Engkus mengajak kepada seluruh stakeholder untuk  bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan komitmen bersama mencapai target nasional.

Ia menyebutkan, untuk mencapai target tersebut dapat dilakukan dengan tiga strategi, pertama yaitu pendekatan keluarga beresiko stunting.

“Kedua, yaitu pendekatan intervensi gizi terpadu dan pendekatan multisektor serta multi pihak,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas P2KBP3A Ciamis, Dian Budiana menyampaikan, kegiatan rembuk stunting merupakan suatu langkah penting.

“Ini harus dilakukan untuk memastikan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penanganan stunting secara bersama-sama,” katanya.

Kegiatan rembuk ini juga untuk menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting.

Selain itu, mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting secara terintegrasi.

“Rembuk stunting hari ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan karena sifatnya sangat strategis untuk mencapai tujuan yang diharapkan,” ucapnya.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama percepatan pencegahan penurunan stunting di Kabupaten Ciamis tahun 2024 oleh Pj. Bupati Ciamis, Ketua DPRD Ciamis,  unsur Forkopimda, unsur SKPD dan Perwakilan Camat.

(Hendri/PasundanNews.com)

Herdi Firmansah

Leave a Comment

Recent Posts

Tim Walpri Cakada Kota Banjar Terima Bimbingan Teknis dari Brimob Polda Jabar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Sebanyak 32 personel Pengawal Pribadi (Walpri) Calon Kepala Daerah (Cakada) Kota…

4 jam ago

Jumat Berkah, Komunitas Langit Bagikan Ratusan Nasi Kotak kepada Warga di Langensari Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Komunitas Langen Seungit (Langit) menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan membagikan ratusan…

18 jam ago

Bambang Hidayah Kembali Menyapa Warga di Neglasari, Peningkatan Pendidikan dan Pariwisata Jadi Topik Utama

ERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Calon Wali Kota Banjar, H. Bambang Hidayah kembali menyapa warga di…

18 jam ago

Calon Walikota Banjar Bambang Hidayah Sapa Warga Purwaharja, Serap Aspirasi-Kenalkan Visi Misi

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Calon Walikota Banjar, H. Bambang Hidayah melakukan kunjungan ke Lingkungan Siluman…

20 jam ago

Roadshow Jelang Pilkada 2024, Herdiat : Semua Partai Ingin Bergabung dengan Kami

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Roadshow Pasangan Calon Dr. H. Herdiat Sunarya - H. Yana D.…

1 hari ago

KPU Ciamis Tetapkan DPT Pilkada Sebanyak 960.995 Pemilih, Targetkan Partisipasi Capai Angka 85 Persen

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - KPU Kabupaten Ciamis resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui rapat…

1 hari ago