Info Klinik

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Pasundannews – Salah satu bumbu masak yang harus ada di dapur setiap masyarakat Indonesia yakni bawang putih. Memasak tidak lengkap tidak lengkap rasanya bila tidak terdapat bawang putih alias berambang putih.

Tetapi tidak hanya buat menyedapkan masakan, bawang putih pula jitu melindungi kesehatan keluarga di rumah, lho! Terlebih bila di makan mentah. Penasaran apa saja khasiat bawang putih untuk kesehatan?

Berikut Khasiat Bawang putih untuk kesahatan;

1. Menurunkan kolesterol

Bawang putih sudah lama di anggap selaku salah satu santapan terbaik untuk menghindari kolesterol tinggi. Suatu riset terdahulu yang dilansir dalam Journal of Postgraduate Medicine mengatakan makan kurang lebih 10 gr bawang putih mentah (1- 2 siung kecil) tiap hari berhasil menurunkan kolesterol lumayan drastis dalam 2 bulan.

2. Mengendalikan tekanan darah

Bila Kamu termasuk orang yang berisiko ataupun telah terdiagnosis hipertensi, melindungi pola makan merupakan salah satu kunci supaya tetap sehat. Nah dari sekian banyak santapan sehat yang ada, bawang putih dapat jadi andalan Kamu.

Ya! Potensi khasiat bawang putih buat menurunkan tekanan darah sudah lama di ketahui sebanding dengan obat hipertensi generik. Suatu riset dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences mengatakan kalau dampak penurunan tekanan darah sistolik serta diastolik sehabis makan bawang putih mentah nyaris sama dengan obat atenolol.

3. Menyehatkan jantung

Berita baiknya, bawang putih pula berpotensi baik untuk menghindari resiko penyakit jantung. Bawang putih sudah di ketahui sebagai penyembuhan tambahan dalam menurunkan kolesterol serta tekanan darah, yang pada kesimpulannya kurangi resiko aterosklerosis.

4. Menurunkan resiko kanker

Khasiat menguntungkan dari bawang putih sudah diketahui selama berabad-abad. Mengutip dari National Center for Biotechnology Information, fakta riset sejauh ini menampilkan kaitan antara mengkonsumsi bawang putih teratur dengan penyusutan resiko beberapa jenis kanker. Termasuk kanker perut (lambung, usus besar, serta usus kecil), kanker tenggorokan, kanker pankreas, kanker payudara, serta kanker prostat.

5. Melindungi kesehatan otak

Nyatanya makan bawang putih tidak hanya berguna buat kesehatan jantung, tetapi pula otak. Suatu tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan kalau turunan karbohidrat dalam bawang putih yang di ketahui sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap dampak penuaan serta penyakit. FruArg dilaporkan kurangi kandungan oksida nitrat yang dibuat oleh sel mikroglia di dalam otak sepanjang melawan peradangan serta stres oksidatif.

Feri Johansah

Leave a Comment
Share
Published by
Feri Johansah

Recent Posts

Rencana Pemotongan TPP ASN di Kota Banjar Menuai Kontroversi

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Rencana Pemerintah Kota Banjar untuk memotong Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Aparatur…

9 jam ago

Berkunjung ke PDIP, Maman Padud Siap Kembali Maju di Pilkada Kota Banjar 2024

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM -  Dalam rangka penjajakan politik, H. Maman Suryaman kembali lakukan kunjungan ke…

9 jam ago

Dirut Pesona Kahuripan Berbagi Inspirasi dengan Ratusan Pelajar SMA Informatika Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Dirut (Direktur Utama) Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma bagikan inspirasi dan…

10 jam ago

Pj Bupati Ciamis Tinjau Operasi Pasar Murah di Cisaga, Upaya Kendalikan Laju Inflasi Daerah

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Pj (Penjabat) Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau OPM (Operasi Pasar Murah)…

12 jam ago

P3DW Kota Banjar Intensifkan Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - P3DW (Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah) Kota Banjar gencar melakukan upaya…

13 jam ago

Polemik Revitalisasi Situ Panjalu, Kejari Ingatkan Warga Jangan Main Hakim Sendiri dan Bertindak Anarkis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Revitalisasi dan penataan pembangunan Situ Panjalu Kabupaten Ciamis habiskan anggaran Rp…

16 jam ago