Beranda Cianjur Tingkatkan Kualitas Pelajar, 400 Siswa MAN 2 Cianjur Ikuti Pelatihan Menghafal Al-Quran

Tingkatkan Kualitas Pelajar, 400 Siswa MAN 2 Cianjur Ikuti Pelatihan Menghafal Al-Quran

PASUNDANNEWS.COM, CIANJUR – Sebanyak 400 siswa-siswi MAN 2 Cianjur mengikuti pelatihan metode tikrar dalam menghafalkan Al-Quran, yang digagas Rumah Syaamil Quran Cipanas. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas para siswa, untuk menjadi hafidz yang memiliki akhlak baik.

Kepala MAN 2 Cianjur Deden, MSi menjelaskan, pihaknya sangat konsen untuk mengembangkan dan mendidik siswa dalam menghafalkan Al-Quran. Salah satunya dengan melakukan pelatihan metode tikrar yang dibimbing langsung oleh Rumah Syaamil Quran Cipanas.

“Tikrar ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran, kegiatan ini sangat positif bisa dilihat dari antusias dan semangat para siswa. Diharapkan ini menunjang terhadap pembelajaran anak dalam mudahkan menghafal Al-Quran,” paparnya saat ditemui di Sekolah MAN 2 Cianjur usai kegiatan, Kamis (16/01/2020).

Deden mengakui berencana kegiatan pelatihan hafalan Al – Quran seperti Tikrar akan rutin diadakan, minimal setiap awal tahun ajaran bagi siswa dan siswi MAN 2 Cianjur.

“Saya pun mengapresiasi kepada pelajar yang memiliki hafalan Al -Quran, bahkan kepada setiap calon siswa dan siswi yang akan masuk ke MAN 2 Cianjur dengan hafalan 3 juz akan langsung diterima di MAN 2 Cianjur tanpa test, dan mendapatkan beasiswa,” jelasnya.

Diakuinya, selama ini para siswa melakukan hafal Al Quran secara otodidak, karena belum diajarkan bagaimana teknis menghafal Al – Quran yang tepat dan efektif. Sehingga metode tikrar ini, bisa meningkatkan hafalan siswa.

“Bagi siswa khusus penghafal Al Quran, dalam kegiatan belajar mengajar tidak sama dengan siswa lainnya, karena ada pencapaian dan target. Saya pun yakin anak tahfid Al-Quran dalam mempelajari ilmu lainnya tidaklah terlalu sulit, sehingga bisa mengikuti siswa lainnya, dan bahkan yang sudah pun ada sangat berprestasi,” terang Deden.

Pihaknya mencontohkan, ada siswa lulusan MAN 2 Cianjur bernama Abdul Rauf yang hafal 30 juz, kini dia sudah kuliah di Universitas Madinah. Sehingga diharapkan ini bisa diikuti oleh para siswa lainnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Syaamil Quran Cipanas H. Samsudin menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Rumah Syaamil Quran Cipanas. Diharapkan ini bisa membatu siswa siswi MAN 2 Cianjur untuk mempercepat peningkatan hafalan Al – Quran.

“Alhamdulillah kami menghadirkan Master Trainer dari Bandung Ustad Yudi Imana. Kami Rumah Syaamil Quran Cipanas mempunyai kegiatan diantaranya Pelatihan Metode Tikrar, Wakap Quran, Wisata Quran, dan Quran Customizs,” ungkapnya.

Ditambahkannya, tikrar ialah metode khusus dalam menghafal Al- Quran dengan mengulang-ulangi bacaaan hingga hafal. Untuk para siswa MAN 2 mereka mengikuti pelatihan awal selama tiga jam, diharapkan ini bisa memotivasi anak sehingga anak tertarik praktek melaksanakan metode Tikrar dalam menghafal Al -Quran.

“Ada sekitar 400 siswa MAN 2 Cianjur yang mengikuti pelatihan, dan mereka sangat antusias. Banyak sekali fadilah menghafal Al-Quran, sehingga, sangatlah penting untuk mengetahui keutamaan dari menghafal al-Quran ini serta semoga pelatihan yang kami lakukan bermanfaat bagi siswa dan siswi,” tukasnya. (Pasundannews/fhn)