Beranda Cianjur SMKN 1 Pacet Raih Penghargaan Sekolah Unggul Prestasi Tingkat Nasional

SMKN 1 Pacet Raih Penghargaan Sekolah Unggul Prestasi Tingkat Nasional

PASUNDANNEWS.COM, CIANJUR – Setelah melalui penilaian yang ketat SMKN 1 Pacet kembali berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini sekolah yang berada di Desa Cibodas Kecamatan Pacet meraih penghargaan sekolah unggul prestasi di tingkat Nasional.

Kepala SMKN 1 Pacet Ida Yuniarti Surtika menjelaskan setelah melalui proses penilaian yang ketat selama tiga bulan dari Kementerian Pendidikan RI Dirjen Guru Tenaga Kependidikan Direktorat PSMK, akhirnya SMKN 1 Pacet terpilih menjadi salah satu yang terbaik di tingkat nasional. Tentunya prestasi ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri.

“Sebelum masuk ke tingkat nasional, kami ada seleksi terlebih dahulu oleh Disdik Jabar, dari 2.700 sekolah SMK di Jabar terpilih empat sekolah. Setelah itu dari sekitar 15.000 SMK se-Indonesia masuk 309 SMK se-Indonesia, dan hingga akhirnya terpilih 30 sekolah terbaik, salah satunya SMKN 1 Pacet terpilih menjadi sekolah unggul prestasi di tingkat Nasional,” ujarnya.

Dijelaskan Ida, prestasi yang diraihnya ini tak lepas dari upayanya untuk terus memberikan keterlaksanaan revitalisasi sekolah. Pihaknya mengakui prestasi yang diraihnya ini melalui proses panjang, seperti pengisian aplikasi, presentasi memamparkan kepemimpinannya dengan membangun komitmen pengembangan revitalisasi sekolah, hingga best practice.

“Lomba ini melihat bagaimana perkembangan sekolah, sebelum dan sesudah revitalisasi yakni sekolah setelah menerima bantuan pemerintah. Alhamdulillah, setelah penilaian secara objektif sekolah kami dinilai baik dan menjadi sekolah unggul prestasi,” paparnya.

Menurutnya, tidak hanya SMKN 1 Pacet yang bisa maju dan berkembang untuk membangun pendidikan, namun sekolah lain pun bisa. Pasalnya SMK ini bukan penyumbang pengangguran, namun dengan memanfaatkan pendidikan siswa bisa menjadi unggul.

“Setelah dipercaya menjadi sekolah unggul, saya bertugas untuk bisa mendampingi sekolah lainnya di Indoensia. Upaya ini diharapkan bisa membangun taraf pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Selaras dengan program pemerintah pusat yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan, kini SMKN 1 Pacet pun tengah konsen dalam program Jabar Masagi. Menurutnya SMKN 1 Pacet ditunjuk sebagai pilot project di Cianjur.

“Program Jabar Masagi ini sebagai upaya dalam implementasi pendidikan karakter kepada siswa. Tentunya ini harus didukung seluruh warga sekolah mulai dari komite sekolah, guru, wakil kepala sekolah, dan termasuk saya kepala sekolah sebagai motor penggerak program,” tukasnya. (Pasundannews/Fhn)