Beranda Bandung Raya Sepekan Kedepan Beberapa Wilayah Jawa Barat di Prediksi Alami Cuaca Ekstrem

Sepekan Kedepan Beberapa Wilayah Jawa Barat di Prediksi Alami Cuaca Ekstrem

Ilustrasi.

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor merilis prediksi prospek cuaca ektrim yang akan terjadi di Jawa Barat dari tanggal 06-12 Januari 2020.

Dalam rilis yang dikeluarkan, BMKG menyatakan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukan masih adanya potensi hujan lebat dibeberapa wilayah Indonesia untuk sepekan kedepan. Berkurangnya pola tekanan rendah di belahan bumi utara (BBU) dan meningkatnya pola tekanan rendah di wilayah belahan bumi selatan (BBS) mengindikasikan terjadinya penigngkatan aktivitas monsun asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia, meningkatnya pola tekanan rendah di BBS (sekitar australia) dapat membentuk pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan belokan angin menjadi signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan diwilayah Indonesia terutama bagian selatan ekuator.

sementara itu, berdasarkan model prediksi, aktifitas Madden Julian Osciliation (MJO) fase basah diprediksikan mulai aktif di sekitar wilayah indonesia selama periode sepekan kedepan, kondisi ini tentunya dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut, diperkirakan dalam periode sepekan kedepan potensi cuaca ektrem dan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi diwilayah Jawa Barat.

Senin, 06 januari 2020

-Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat: Subang, Sumedang, Cirebon, Karawang, Indramayu.

-Wilayah yang berpotensi hujan yang disertai angin kencang, kilat/petir: Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Majalengka, Kuningan, Purwakarta, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar.

Selasa, 07 Januari 2020

-Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat: Indramayu, Karawang, Subang, Bandung

-Wilayah yang berpotensi hujan yang disertai angin kencang, kilat/petir: Bogor, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Kuningan, Cirebon

Rabu, 08 Januari 2020

-Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat: Subang, Cianjur, Kuningan, Sumedang, Pangandaran

-Wilayah yang berpotensi hujan yang disertai angin kencang, kilat/petir: Depok, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Garut, Majalengka, Tasikmalaya, Indramayu, Karawang, Purwakarta, Ciamis, Banjar, Cianjur.

Kamis, 09 Januari 2020

-Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat: Ciamis, Banjar, Kuningan

-Wilayah yang berpotensi hujan yang disertai angin kencang, kilat/petir: Depok, Bogor, Bekasi, Subang, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Tasikmalaya, Garut, Indramayu, Sumedang, Majalengka

Jumat, 10 Januari 2020

-Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat: Bogor, Cianjur, Sukabumi

-Wilayah yang berpotensi hujan yang disertai angin kencang, kilat/petir: Depok, Bogor, Bekasi, Karawang, Garut, Bandung, Cirebon, Kuningan Majalengka, Sumedang, Purwakarta, Subang, Indramayu.

Sabtu, 11 Januari 2020

-Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat: Bogor, Purwakarta, Karawang, Cirebon, Kuningan, Ciamis, Banjar.

Minggu, 12 Januari 2020

-Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat: Indramayu, Cirebon, Majalengka, Garut, Tasikmalaya, Kuningan, Ciamis.