Beranda Bandung Raya Sambangi KPU, HMI Cabang Kabupaten Bandung Siap Kawal Pilkada Tahun 2020

Sambangi KPU, HMI Cabang Kabupaten Bandung Siap Kawal Pilkada Tahun 2020

Pengurus HMI Cabang Kabupaten Bandung Seusai dialog dengan KPU. (foro: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kabupaten Bandung mengadakan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung dengan agenda “Sharing dan Dialog tentang Pilkada Kabupaten Bandung Tahun 2020” . Koordinasi dilaksanakan di Aula Bale Pinter Pemilu, Sekretariat KPU Kabupaten Bandung, Selasa (08/01/2019).

KPU Kabupaten Bandung berhasil menerima 4 (empat) penghargaan pada acara KPU Award 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Barat. Kategori Penghargaan yang diterima yaitu; 1) Terbaik I dengan Kategori Daftar Pemilih Berkualitas, 2) Terbaik II dengan Kategori Pengelolaan Logistik Pemilu/Pemilihan, 3) Terbaik III dengan Kategori Penyenggara dan Pemilihan yang Berintegritas dan 4) Penatausahaan Logistik terbaik.

Hasil ini terbukti dari statistik partisipasi pemilih pada pemilihan umum (pemilu serentak) pada tahun 2019 dimana 83,99% untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, 83,86 % untuk pemilihan anggota DPR RI, 83,89% untuk pemilihan anggota DPD RI, 83,85% untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi dan 83.84 untuk pemilihan DPRD Kabupaten

Statistik tersebut menjadi sebuah prestasi bagi KPU Kabupaten Bandung pada pemilu serentak tahun 2019. Capaian itu melebihi target partisipasi pemilih yang ditetapkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappennas) sebesar 77,5% pada tahun 2019.

Dalam acara Sharing dan Dialog tentang Pilkada Kabupaten Bandung Tahun 2020 bersama HMI Cabang Kabupaten Bandung ini, di awali dengan presentasi keberhasilan KPU Kabupaten Bandung dalam menyenggarakan setiap pemilu terutama pada pemilu serentak 2019 yang lalu.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya, S.P, M.M. mengatakan, KPU adalah penyenggara teknis pada penyenggaraan pemilu, seyogyanya pelaksanaan teknis tersebut tidak bisa dilakukan oleh KPU sendiri. Dirinya menyambut baik kehadiran pengurus HMI Cabang Kabupaten Bandung.

“KPU Kabupaten Bandung sangat menyambut baik kehadiran kawan-kawan HMI, dimana bisa sinergis dengan KPU Kabupaten Bandung untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada pilkada tahun 2020. Kegiatan ini juga dalam rangka membangun koordinasi antar organisasi kemahasiswaan supaya bisa terlibat aktif dalam partisipasi pada Pilkada tahun 2020,” ujar Agus.

Kehadiran pengurus HMI Cabang Kabupaten Bandung pada kegiatan ini menjadi spirit bagi KPU Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kualitas pilkada tahun 2020 ini. Karena HMI Cabang Kabupaten Bandung mempunyai ribuan kader yang bisa dijadikan sebagai pengawal demokrasi pada pilkada tahun 2020.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Bandung, Siti Holisoh,  menambahkan bahwa keberhasilan KPU Kabupaten Bandung dalam melaksanakan pemilu serentak pada tahun 2019 yang lalu menjadi sebuah kebanggaan.

“Ini juga menjadi antisipasi ketika melaksanakan Pilkada tahun 2020 supaya tingkat partisipasi masyarakat dipertahankan. Untuk mengantisipasi rendahnya kualitas pada partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada pilkada tahun 2020, kami mengundang HMI Cabang Kabupaten Bandung dan organisasi lainnya untuk dialog tentang pilkada tahun 2020,” tambahnya.

Sharing dan Dialog tentang Pilkada Kabupaten Bandung Tahun 2020 ini tentunya disambut baik juga oleh pengurus HMI Cabang Kabupaten Bandung terbukti dengan antusias pengurus HMI dalam memberikan gagasan dan pertanyaan, tentunya pada pelaksanaan pilkada yang akan datang akan selalu menjadi mitra kerja dan mitra kritis KPU Kabupaten Bandung dalam penyenggaraan pilkada tahun 2020 serta siap mengawal agenda-agenda yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Bandung.

“Dalam suksesi penyenggaraan pemilu serentak 2019 yang lalu, tentu tidak bisa menjadi titik proyeksi terhadap pilkada tahun 2020 kelak. Kita lihat pelaksanaan pilkada (pilbub) pada tahun 2015 dimana presentase partisipasi pemilih masyarakat Kabupaten Bandung sebesar 63.11% ini menjadi sebuah kerja bersama untuk selalu mengantisipasi buruknya kualitas partisipasi masyarakat pada pilkada tahun 2020,” jelas Bayu Bambang Nurfauzi, Ketua HMI Cabang Kabupaten Bandung. (Pasundannews/Ary)