Beranda Tasikmalaya Kota Tasikmalaya Milangkala ke-46 STAI Tasik, Bekti: Miindung Ka Waktu Mibapa Ka Zaman itu...

Milangkala ke-46 STAI Tasik, Bekti: Miindung Ka Waktu Mibapa Ka Zaman itu Kesadaran Nilai

Pamflet milangkala STAI Tasikmalaya ke-46. (foto: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, TASIKMALAYA – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tasikmalaya tahun ini genap berusia 46 tahun. Memperingati hari kelahirannya, akan diadakan perayaan milangkala dengan tema ‘Miindung ka waktu mibapa ka zaman, pikeun ngaronjatkeun ajen paguron‘.

Waka 1, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STAI, Bekti B Zainudin mengatakan milangkala ini sebagai bentuk refleksi untuk mengingat kembali kelahiran kampus perjuangan walaupun dikemas dengan agak berbeda dari perayaan sebelumnya.

“Semua orang harus begitu, miindung kawaktu mibapa ka zaman. Karena mahasiswa ada yang belum tahu, mungkin karyawan juga ada yang belum tahu. Jujur peringatan (milangkala) ini belum jadi tradisi sebelumnya dan kita ingin mentradisikannya. Tradisi yang baik kan harus dibangun,” ucapnya saat dihubungi lewat sambungan telepon, Kamis (20/02/2020)

Menurut Bekti, terakhir peringatan milangkala STAI dilaksanakan tahun 2014. Waktu itu untuk pagelaran ada bantuan dari Dedi Mulyadi, serta berhasil mendatangkan Prof. Nina Lubis dan Prof. Ahmad Mansur dengan konsep acara kumpul ngariung.

“Kali ini kita tidak ada acara seperti itu, ada sesi refleksi saja. Jadi bentuk acaranya tidak tetap. Harusnya dan di statuta Kampus sudah dicantumkan bahwa milangkala STAI Tasikmalaya itu diperingati setiap tanggal 23 februari. Mengingat dulu STAI didirikan tahun 1974,” ungkapnya.

STAI Tasikmalaya didirikan oleh mayoritas alumni HMI. 13 dari 15 pendiri STAI merupakan alumni HMI. 46 itu cukup tua dari ukuran waktu, tapi STAI memang ada keterlambatan pertumbuhan pada masa-masa awal. Sekarang ini STAI sudah masuk tahap pengembangan.

“Mudah-mudahan spirit ini bisa ditransformasikan ke generasi muda. Pesannya spirit perjuangan pada yang muda, kan kalau tidak tahu kasang tukang tidak tahu sangkan paran kan bahaya,” terang Bekti.

Bekti berharap, kedepan STAI semakin mampu memberikan manfaat besar pada masyarakat. Khususnya lewat kontribusi jasa pendidikan, mencetak lulusan-lulusan yang kader muslim intelektual professional.

“Itu kontribusi kita, memberikan berupa lulusan-lulusan yang cerdas berakhlak mulia yang mampu berkontribusi mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridoi Alloh,” harapnya.

Milangkala ke-46 ini sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2020 di Kampus STAI Tasikmalaya. Beberapa kegiatan akan digelar seperti Fun Walk dan beberapa lomba lainnya. Acara ini terbuka untuk umum khususnya alumni STAI Tasikmalaya. (pasundannews/admin)