PASUNDANNEWS.COM, CIANJUR – I Gede Agastia Darma Wardana (17) pelajar Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur berhasil meraih medali emas di SEA Games Philipina 2019. Pelajar yang akrab disapa Agas langsung terkenal dan menjadi kebanggaan sekolah, dan disambut haru oleh guru bersama temannya.

“Ini medali emas pertama saya di SEA Games, berkat dukungan semuanya saya bisa menjadi juara,” ujar putra dari pasangan I Komang Putu Sawitra (48) dan Ni Putu Kusumawati (37) saat ditemui di SMAN 1 Sukaresmi.

Nampak Agas terlihat tetap membumi dan tak sombong dengan apa yang telah ia raih. Ia tetap Agas yang humble dan murah senyum kepada setiap temannya. Agas tinggal di Padepokan Judo Indonesia di daerah Ciloto Puncak mengatakan, mulai suka Judo sejak kelas 4 Sekolah Dasar.

“Pertama ikut olahraga Judo karena kebetulan bimbingan oleh pelatih Judo. Pertama ikut karena disuruh ikutan sama bibi, awalnya iseng-iseng saja,” kata Agas.

Sejak ikut Judo Agas mulai ikut lomba namun tak langsung menjadi juara, kekalahan yang membuatnya terpicu dan ingin memperbaiki diri.

“Sekali kalah pengen nyoba lagi tak putus asa lama lama jadi suka,” ungkapnya.

Ia mengatakan, tak mudah menjadi juara. Butuh proses dan latihannya cukup berat. Selain itu, kata pelajar yang hobi tidur dan main game ini harus ada kemauan untuk maju

“Akan ada para senior yang membimbing, jadi harus lebih hormat kepada senior di bidang apapun, intinya kalau mau berusaha pasti bisa,” tambah Agas.

Agas mengatakan tim Judo Indonesia meraih empat emas, dua perak, dan empat perunggu. Dirinya mengakui pertandingan Seagames lumayan menantang, bahkan dirinya harus bertanding melawan para atlit berpengalaman yang diatas usianya.

“Pulang dari Philipina saya kembali sekolah, pengalaman di sea games merupakan pengalaman berharga bagi saya,” tambah putra sulung dari tiga bersaudara ini.

Agas bersyukur dapat medali emas dan dapat bonus, rencananya hari ini, (Kamis, red) bertemu Presiden Joko Widodo.

“Saya bangga, besok akan bertemu dengan Presiden Jokowi,” katanya.

Ia mengatakan bangga dan terharu disambut guru dan teman yang selalu nonton di youtube dan memberikan dukungan.

“Terus berusaha terus kejar cita-cita jangan pantang menyerah, tak semua kegagalan iyu buruk, ada fase down jadikan itu pelajaran dan pengalaman,” kata pelajar yang bercita-cita menjadi tentara ini.

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Sukaresmi, Dadan Hamdani mengatakan pihak sekolah sepenuhnya mendukung prestasi Agas. Ia mengatakan, kebetulan Agas masuk melalui jalur prestasi tahun 2018. Sebelumnya sempat para pelatnas memang bersekolah di SMAN1 Sukaresmi, seperti Yudi Sulisyanto dan aktor ternama Joe Taslim.

“Kami memiliki atensi untuk menampung siswa berprestasi semua dipermudah sekolah ingin membantu karier anak-anak. Tentunya prestasi yang diraih Agas suatu kebanggan bagi kami.” pungkasnya. (Pasundannews/Fhn)

Artikulli paraprakSDM PKH Wilayah Barat Ciamis Gelar Rakor Di Nusa Pakel Panjalu
Artikulli tjetërBangkitkan Semangat Gotong Royong Dandim 0608 Bangun Ruas Jalan Citangsi