Beranda Bandung Raya Dekranasda Bidik Pasar Internasional Untuk Produk Unggulan Jawa Barat

Dekranasda Bidik Pasar Internasional Untuk Produk Unggulan Jawa Barat

Pembukaan West Java Crafashtival 2019 (foto: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum secara resmi membuka gelaran West Java Crafashtival atau Pekan Kesenian Jawa Barat (PKJB) yang akan dilaksanakan pada 25-27 oktober 2019.

Uu menilai kegiatan West Java Crafashtival sangat penting, terutama untuk mengenalkan dan memamerkan produk-produk unggulan.

“Selain memamerkan produk, kegiatan ini juga sebagai sarana silaturahmi bertukar pikiran para pelaku UKM dan IKM yang ada di Jawa Barat,” Ucap Uu di Gedung Sate Bandung, Jumat (25/10/2019)

Menurut Uu, industri kerajinan di Jawa Barat sangat luar biasa. Tiap daerah punya kerajinan dan khas masing-masing.

“Ini membuktikan orang Jawa Barat Kreatif, sehingga dengan potensi ini wajar jika Pemerintah Jawa Barat ikut mendorong. Salah satunya melalui West Java Crafashtival,” terangnya

Ketua Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil menyatakan pelaksanaan PKJB ke-13 mengahadirkan inovasi dan suasana baru dengan digelar di luar ruangan.

“Kita hadirkan suasana yang baru, yang sebelumnya digelar indoor. Alhamdulillah Kota/Kabupaten sudah bergabung dengan memamerkan karya terbaik tiap daerah,” tuturnya

Lanjut Atalia, nantinya akan ada helaran dari Kota/Kabupaten sambil memamerkan karyanya melalui karnaval. Bahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan ikut terlibat dalam kegiatan.

“Tercatat ada 46 OPD yang terlibat. Mereka akan ikut juga perlombaan,” ungkapnya

Yang paling penting menurut Atalia adalah syiar yang disampaikan dari moment ini sampai kepada masyarakat. Serta adanya temu bisnis antara penjual dan pembeli maupun investor.

“Mereka harus mencintai kekayaan nusantara khususnya seni dan kraf. Melalui kegiatan ini networking akan terbuka luas,” tambahnya

Pada momentum ini juga ditandatanganinya MoU kerjasama antara Dekranasda Jawa Barat dengan IKEA, USAID, Telkom University, ICSB dan Universitas Parahyangan.

“Pemasaran menjadi hal yang sangat sulit bagi pelaku usaha. Dengan kerjasama ini kita bukan hanya menyasar pasar nasional tapi juga internasional. Khusunya produk-produk Jawa Barat,” papar Atalia

Dalam kegiatan ini juga akan dilakukan yaitu lomba doodle, lomba melukis payung Tasik, lomba cat walk, lomba fashion show antar Kota/Kabupaten, Ada juga helaran dari setiap kabupaten/kota yang akan diikuti sekitar 250 orang serta lomba fashion show antar OPD.

Untuk lomba fashion show akan diikuti sekitar 350 orang yang akan mengenakan batik khas masing-masing kota/kabupaten. Akan menjadi juri dalam kegiatan ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dan Ibu Dirjen Industri Kecil Menengah Aneka Kementrian Perindutrian, dan Ibu Rini dari Dekranas.