Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Foto/Dokpri

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Tim Satuan Gugus Tugas (TSGT) penanganan Covoid-19 Pemerintah Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, bersama masyarakat setempat melakukan penyemprotan disinfektan, Selasa (31/3/2020).

Penyemprotan di lakukan di tempat pasilitas umum yang di anggap menjadi tempat berkumpulnya warga, seperti Masjid, Madrasah, Pos Ronda, Sekolah dan pasilitas umum lainnya.

Ketua TGST penanganan Covid-19 yang juga sebagai Kepala Desa Sadapaingan, H. Oyo mengatakan, penyemprotan disinfektan ini dilakukan satu kali dalam seminggu dan warga pun diharapkan bisa melakukan penyemprotan secara mandiri.

“Penyemprotan dilakukan satu kali dalam seminggu secara bekala di setiap wilayah desa. Diharapkan juga bagi warga untuk bisa melakukan penyemprotan secara mandiri dengan bahan yang sudah di anjurkan pemerintah” kata H. Oyo.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan itu dilakukan dalam langkah preventif upaya pencegahan adanya penyebaran Virus Corona di wilayahnya.

“Ada sekitar 45 orang yang kemarin pulang mudik dari luar Ciamis dan langsung dilakukan pendataan juga himbauan untuk melaukan karantina mandiri dengan tetap berada dirumah. Meskipun sampai saat ini belum ditemukan positif Covid-19, dan diharapkan tidak terjadi, langkah antisipasi akan terus kami lakukan” katanya.

H. Oyo menjelaskan, untuk masyarakat Desa Sadapaingan yang ingin konsultasi langsung, jika merasakan ada gejala-gejala yang berkaitan dengan Covid-19, bisa datang langsung serta konsultasi ke kantor balai desa.

“Karena semakin mencekamnya issu tentang Covid-19 ini, dan meningkatnya orang yang mudik dari kota ke desa, maka kami menyarankan kepada warga ketika ada gejala-gejala untuk langsung berkonsultasi kepada tim kesehatan desa atau hubungi pihak puskesmas. Dan kami mengimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan”jelasnya

Ia menambahkan, selain dilakukan penyemprotan, pihaknya juga melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat tentang pencegahan kewaspadaan Covid-19.

“Dalam kesempatan ini kami juga melakukan sosialisasi langsung kepada warga tentang Covid-19 ini, dan semua ikut serta. Berharap dengan adanya gerakan ini, semua masyarakat desa sadapaingan bisa terhindar dari virus ini yang saat ini sudah mewabah dimana-mana dan tentunya selalu berdo’a meminta perlindungan kepada Allah Swt.” pungkasnya. (Hen/pasundannews.com)

Artikulli paraprakLPM Desa Mekargalih Turun Langsung Dalam Pencegahan Covid-19
Artikulli tjetërSatu Warga Ciamis Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona