Beranda Cianjur TNGGP Patroli Antisipasi Kebakaran Hutan

TNGGP Patroli Antisipasi Kebakaran Hutan

PASUNDANNEWS.COM, CIANJUR – Pengelola Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) lakukan patroli mencegah terjadinya kebakaran lahan di sejumlah titik rawan pendakian. Pasalnya, kondisi gunung Pangrango saat ini masih kering. Selain itu menghadapi penghujung tahun, sejumlah patroli kehutanan terus disiagakan antisipasi lonjakan pendaki.

Kepala Bidang PTN Wilayah Cianjur 1 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Diah Qurani,M.Si mengatakan upaya antisipasi kebakaran hutan pun dilakukan, baik dengan giat patroli maupun, kampanye tidak langsung melalui web site yang dimiliki pihaknya, saat pemohon mengisi pendaftaran secara online dan imbauan melalui media sosial.

“Saat calon pendaki mendaftar secara online, mereka diharuskan mentaati peraturan dan ketentuan salah satunya tidak membuat perapian atau api unggun saat melakukan pendakian,” kata Diah, Kamis (07/11/2019).

Pihaknya juga melakukan kampaye langsung pada pendaki yang hendak naik melalui tiga pintu pendakian seperti Cibodas, Gunung Putri dan Salabintana-Sukabumi, agar tidak membuat perapian selama berada di kawasan TNGP.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran lahan di sepanjang jalur pendakian hingga puncak gunung, termasuk bagi pendaki yang merokok tidak membuang puntung dalam keadaan menyala karena rentan sebagai pemicu kebakaran.

“Kami juga melakukan pengawasan di sejumlah titik rawan terjadinya kebakaran akibat faktor alam dengan melibatkan petugas dan relawan, agar ketika terjadi dapat dilakukan penanganan secara cepat dan tidak meluas,” lanjutnya.

Imbauan untuk warga yang tinggal di kaki gunung pun kerap dilakukan pihaknya agar ikut membantu menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar ketika ada tanda-tanda kebakaran lahan akibat faktor alam.

“Meskipun faktor alam kerap terjadi, namun tetap kita antisipasi dengan berbagai cara. Harapan kami hujan segera turun dan tidak ada kebakaran lahan akibat apapun seperti kemarau beberapa tahun lalu,” ujarnya.

Memurut Diah, memasuki penghujung tahun dan lonjakan pendaki, pihaknya terus menyiagakan anggota patroli. Diharapkan ini bisa menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan Taman Nasional.

“Kondisi cuaca di Gunung Gede Pangrango sendiri saat ini relatif kering dan belum terlihat turun hujan lebat. Makanya kami imbau kepada pendaki hati – hati jika mendaki, jangan sampai terjadi kebakaran hutan,” pungkasnya. (Fhn)