Beranda Cianjur Menjelang Pilkades Serentak, Panita di Tekankan Untuk Jaga Netralitas

Menjelang Pilkades Serentak, Panita di Tekankan Untuk Jaga Netralitas

Pelantikan Panitia Pilkades Desa Sukatani, Cianjur

PASUNDANNEWS.COM, CIANJUR – Sebanyak 6 Desa di Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur selesai melantik panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Seluruh panitia Pilkades yang akan bertugas hingga pelantikan Kades terpilih, dituntut untuk menjaga netralitas.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukatani, Ende Supriadi M.Hum menjelaskan, seluruh panitia pilkades harus mengetahui tahapan, proses, syarat pendaftaran calon kades serta fungsi dan tugasnya sebagai panitia. Juga harus menjaga netralitas dan komitmen untuk mensukseskan Pilkades.

“Panitia pilkades yang sudah terbentuk dan dilantik harus mengetahui dan mengikuti semua tahapan yang tertuang dalam peraturan Bupati, mengerti fungsi dan tugas panitia pilkades.” ujarnya pada reporter pasundannews, kamis (10/10)

Panitia pilkades, menurut Ende, melibatkan unsur tokoh masyarakat lima orang, dan dua orang dari unsur perangkat desa karena menyangkut data pemerintahan yang dibutuhkan dalam persiapan pilkades.

“Tim Panitia Pilkades bersama BPD, kini tengah melakukan pemetaan TPS dan akan memasuki tahapan pendataan hak pilih. Kami bersinergi bersama untuk mewujudkan Pilkades yang jujur dan adil,” katanya.

Lanjut Ende, Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena karena berdekatan dengan masyarakat.

“Diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Desa Sukatani, Udin Sanusi menjelaskan pihak Desa sangat mendukung penuh proses pelaksanaan Pilkades.

“Saya ucapkan selamat kepada yang sudah lolos seleksi dan dilantik, diharapkan proses Pilkades berjalan dengan baik serta sesuai dengan aturan yang berlaku,” singkatnya.

Camat Pacet, R. Nana S. Victoria menuturkan saat ini ada enam desa yang sudah melakukan pelantikan panitia pilkades, yakni Desa Cipendawa, Sukanagalih, Ciputri, Cibodas, Sukatani, dan Ciherang. Mereka akan menjabat dan bertugas sebagai panitia hingga pelantikan kepala desa definitif.

“Saya sangat mengharapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa bisa berlangsung lancar, jujur, dan adil,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Nana, pihak kecamatan sendiri akan mengawal dan mengawasi jalannya pelaksanaan Pilkades.

“Diharapkan pelaksanaan Pilkades ini bisa tertib dan aman, tentunya ini tak lepas dari kerjasama semua pihak,” harapnya