Beranda Ciamis Banyak SKPD Belum Miliki Kepala Dinas Definitif, HMI Ciamis Angkat Bicara

Banyak SKPD Belum Miliki Kepala Dinas Definitif, HMI Ciamis Angkat Bicara

Hernawan, Ketua Umum HMI Cabang Ciamis Periode 2019-2020

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis menyoroti beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Ciamis yang belum memiliki Kepala Dinas definitif.

SKPD yang belum memiliki kepala Dinas definitif yaitu DPMPTSP, Dinas Pendidikan, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Satuan Pamong Praja, Dinas Kearsipan Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Pemuda Dan Olah Raga.

“Kekosongan kepala dan diisinya oleh PLT ini sangat berpengaruh terhadap kinerja yang membuat tumpang tindih dan ketidakefektifan satuan kerja pemerintahan Daerah Kabupaten Ciamis,” Ucap Ketua Umum HMI Cabang Ciamis, Hernawan, pada kontributor pasundannews, rabu (09/10)

Menurut Hernawan, ada PLT yang tidak sesuai dengan regulasi surat edaran Badan Kepegawaian Negara, dan tidak mengedapankan asas peyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Bagaimana mau menciptakan pemerintahan yang baik dan mampu bergerak cepat demi kemajuan Ciamis kalau masih banyak dinas yang kosong dan di Duduki PLT. Ini akan menghambat gerak pemerintah Karena batasan wewenang dari PLT,” tuturnya

Lebih lanjut, Hernawan menghimbau supaya segera diadakan Rotasi dan mutasi dilingkungan Pemkab Ciamis. Sehingga SKPD yang masih kosong segera di isi kepala dinas definitif.

“Bupati harus segera melakukan konsultasi dengan pemerintahan provinsi dan melakukan pengajuan ke kementrian dalam Negeri untuk mengisi kekosongan kepala SKPD,” lanjutnya

Selain itu, Pemkab Ciamis menurut Hernawan harus segera membentuk pansel untuk melakukan Open Bidding agar kekosongan segera terisi.

“Harus ada Job fit and proper test supaya menghasilkan kepala SKPD yang berkualitas dan obyektif dengan mengedepankan pertimbangan pangkat, usia, pendidikan dan pelatihan jabatan serta pengalaman jabatan.” terangnya