Beranda Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya Dengan Potensi Sumber Daya Alamnya

Kabupaten Tasikmalaya Dengan Potensi Sumber Daya Alamnya

Kampung Naga, salah satu tempat wisata budaya di kabupaten tasikmalaya

PASUNDANNEWS.COM, TASIKMALAYA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Saputra, mengatakan kalau Kabupaten Tasikmalaya harus bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam dengan maksimal, Jumat (27/9/2019).

“Semua potensi alam dimiliki Kabupaten Tasikmalaya, laut, gunung, sawah kebun semuanya dimiliki dengan kekayaan dan potensinya, maka perlu ada langkah kongkrit untuk melakukan pemanfaatan sumber daya alam tersebut,” ungkapnya.

Misalnya, kata Iwan, pengembangan ekowisata dirancang dengan sebuah konsep wisata yang bertumpu pada pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah cukup melakukan intervensi supaya masyarakat bisa mendapatkan hasil dari kegiatan wisata tersebut.

“Selain itu kita harus menyoroti mengenai potensi pengembangan 16 subsektor ekonomi kreatif, para pelaku usaha ekonomi kreatif ini harus didukung oleh pemerintah termasuk salah satunya fasilitasi akses permodalan,” jelasnya.

Iwan melanjutkan, mayoritas aktifitas ekonomi kreatif terbit digandrungi anak muda atau wirausahawan pemula dan tentunya mereka harus disokong supaya mampu berdikari dan pada gilirannya memberikan daya ungkit serta daya dorong bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

“Yang tidak kalah penting adalah penerapan pemanfaatan tekhnologi informasi, baik itu pelayanan pemerintah berbasis tekhnologi maupun pemanfaatan tekhnologi untuk kegiatan masyarakat, sudah saatnya Kabupaten Tasikmalaya menerapkan konsep Smart City,” tuturnya.

Menurut Iwan, Desa Digital, pengembangan bisnis start up dan yang lainnya harus mulai dirintis program digitalisasi diseluruh sektor, tentunya hal itu dilakukan tanpa mengesampingkan agenda pembangunan yang erat kaitannya dengan kebutuhan dasar masyarakat.

“Pembangunan sektor pendidikan, optimalisasi kualitas layanan kesehatan, pembangunan infrastruktur dan penataan sarana publik serta pembangunan bidang pertanian yang selama ini menjadi tumpuan hidup mayoritas masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.” ucapnya.

Iwan menambahkan bahwa intinya pemerintah harus senantiasa hadir untuk kepentingan masyarakat.

“InsyaAlloh masyarakat akan memberi respon positif sehingga terjalin sinergitas antara pemerintah dan masyarakat demi terwujudnya Tasikmalaya lebih maju dan mandiri.” pungkasnya.