Beranda Bandung Raya Pentingnya Menjadi Inklusif

Pentingnya Menjadi Inklusif

Rizky Fadilah, Co-Founder Posthink.Idn

Oleh : Rizky Fadilah, Co-Founder Posthink.Idn

Istilah Inklusif sering kali kita dengar dalam diskusi-diskusi publik belakangan ini , lalu sebenarnya apa makna dari iklusif?

Inklusif mangacu kepada “inclusive” dalam bahasa inggris yang artinya “termasuk di dalamnya”. Dalam hal ini, istilah inklusif diartikan sebagai kemampuan untuk bisa melihat cara pandang orang lain dalam melihat sesuatu atau dengan kata lain mencoba memahami dari banyak perspektif termasuk dari kelompok lain untuk memahami sesuatu.

Di banyak negara, banyak kasus anak-anak dikeluarkan dari sekolah tempat mereka berada karena cacat, ras, bahasa, agama, jenis kelamin, dan kemiskinan, di banyak lingkungan sosial sangat banyak juga yang kelompok yang didiskriminasikan karena masalah eklusifitas.

Kita sering lupa bahwa setiap anak memiliki hak untuk didukung oleh orang tua dan komunitas mereka untuk tumbuh, belajar, dan berkembang pada tahun-tahun awal, dan setelah mencapai usia sekolah, mereka pergi ke sekolah dan disambut oleh  oleh guru dan teman sebaya. Ketika semua anak, terlepas dari perbedaan mereka, dididik bersama, semua orang mendapat manfaat ini adalah landasan yang paling penting dalam mewujudkan pendidikan inklusif.