Beranda Bandung Raya Siswa SMAN 2 Bandung Antusias Ikuti Seminar Kebangsaan dan Sosialisasi Simpanan Pelajar...

Siswa SMAN 2 Bandung Antusias Ikuti Seminar Kebangsaan dan Sosialisasi Simpanan Pelajar Bank BJB

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Seminar Kebangsaan Menolak Hoax dan Radikalisme dilaksanakan di Aula Utama SMAN 2 Bandung, Kegiatan yang di Support Bank BJB ini di ikuti lebih dari 400 siswa kelas XI, rabu (07/08/2019)

Para peserta mendapatkan materi tentang bahaya hoax dan radikalisme yang memang pada beberapa tahun kebelakang menjadi momok yang sangat berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, serta pemahaman terkait Simpanan Pelajar Bank BJB.

“Pelajar di tingkat SMA/Sederajat memang menjadi pihak yang rawan dalam penyebaran hoax/berita bohong, dengan modal smartphone ditangan, informasi sebanyak apapun bisa disebar dalam hitungan menit saja melalui fitur forward atau copy paste, tentu saja ini sangat berbahaya apabila informasi yang disebar tidak benar serta provokatif, ditambah dengan reaksi penerima pesan yang bersikap reaktif dalam menyikapi berita dengan emosi menggebu. Maka kondisi tersebut apabila dibiarkan akan menimbulkan efek sosial yang buruk bagi kehidupan masyarakat.” ucap Adad selaku Panitia Seminar Kebangsaan

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMAN 2 Bandung, Bapak Yayan Supriatna R S, S.Pd., turut hadir dalam acara, perwakilan dari Polisi Daerah Jawa Barat, serta perwakilan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia.

Dalam penyampainnya, seluruh narasumber sepakat bahwa hoax merupakan ancaman yang nyata khususnya bagi pelajar yang ada di Kota Bandung, dampak negatif hoax serta radikalisme bisa sampai kepada ketidakpercayaan pada lingkungan sekitar yang berbeda secara pandangan politik bahkan agama, bahkan ketidakpercayaan dan kebencian kepada pemerintahan Negara Indonesia.

Untuk itu, para pelajar dihimbau untuk senantiasa menjadi insan yang cerdas, menerapkan prinsip, tahan, periksa, dan konfirmasi, sebelum memforward pesan kepada rekan di media sosial.

Acara selanjutnya disambung dengan pendidikan perencanaan keuangan bagi siswa, ajakan menggiatkan menabung sejak dini, salah satunya melalui tabungan simpanan pelajar (SIMPEL) dari Bank Jabar Banten (BJB), yang siap memenuhi kebutuhan siswa dalam menabung, menjadi partner yang tepat bagi perencanaan masa depan yang gemilang.

Acara ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang menolak hoax dan radikalisme, mendukung organisasi pelajar, serta program Jabar juara dari Gubernur Jawa Barat.