Beranda Tasikmalaya Kabupaten Tasikmalaya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMKN 1 Manonjaya Akan Libatkan TNI

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMKN 1 Manonjaya Akan Libatkan TNI

PASUNDANNEWS.COM, TASIKMALAYA – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya akan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2019/2020.

Menurut Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Oom Suparmas, pendidikan karakter yang dilakukan oleh TNI adalah salah satu yang terbaik.

“Disiplin TNI masih menjadi yang terbaik. Dengan dibina TNI, mudah-mudahan siswa memiliki karakter dan disipilin yang baik,” ucapnya

Oom menambahkan, kerja sama yang dijalin dengan Markas Komando (Mako) Brigade Infanteri (Brigif) TNI Kota Tasikmalaya tersebut sudah rutin dilakukan beberapa tahun ke belakang.

“Saat sosialisasi, semua orang tua siswa pun mendukung, terutama karena adanya pembinaan karakter tersebut,” ungkapnya.

Setelah melaksanaan MPLS di lingkungan sekolah pada 15 hingga 17 Juli 2019, tambahnya, agenda kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan di Brigif Kota Tasikmalaya pada 18 hingga 20 Juli 2019.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar), Yesa Sarwedi mengatakan, MPLS menjadi ajang bagi siswa untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru dan mengembangkan interaksi positif antarsiswa ataupun degan warga sekolah lainnya.

“MPLS, diharapkan mampu menumbuhkan perilaku positif. Seperti jujur, mandiri, saling menghargai untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.” Ucapnya

Yesa menekankan bahwa yang bertanggung jawab atas kegiatan MPLS ini yaitu kepala sekolah, sehingga kegiatannya harus jelas.

“Kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan MPLS ini wajib diisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan,” jelasnya.