Beranda Pendidikan Woww..Siswa SMA Ciptakan Sabun Mirip Kue Brownies

Woww..Siswa SMA Ciptakan Sabun Mirip Kue Brownies

0

Pasundannews.com, Bandung Barat- Meskipun baru menduduki kelas XI, siswa SMA Darul Hikam Integrated School Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berhasil membuat sabun mirip kue brownies dengan berbagai manfaat dan kegunaan.

Guru Mata Pelajaran Kimia Darul Hikam Integrated School Lembang, Sarina Hanifa mengatakan, siswa diajak berkreasi, sementara membuat sabun merupakan bagian dari kurikulum mata pelajaran kimia khususnya terkait materi bahasan tentang asam basa, hidrolisis, dan juga makro molekul.

“Nah, dari situ saya ajak siswa bagaimana caranya untuk dapat membuat kreasi berdasarkan konsep yang sudah mereka pelajari,” ucapnya Jumat, (15/3).

Ia mengakui kreasi siswa yang mengolaborasikan sains dan teknologi engineering itu, mendapat apresiasi dari pihak sekolah.

“Luar biasanya ide mereka, ada yang menambahkan madu, otmeal, kemudian juga lidah buaya yang belum pernah terpikir oleh saya membuat macam-macam sabun seperti itu,” ucapnya.

Anissa Syarafina salah seorang siswa yang tengah mempraktekan projek tersebut menyampaikan, munculnya gagasan membuat sabun dalam berbagai bentuk berawal dari rasa penasaran dan keingintahuannya mengenai cara membuat sabun.

“Nah, dengan memanfaatkan ilmu yang kita dapat dari sekolah terutama ilmu kimia, kita berinisiatif bikin sabun dengan bentuk yang macam-macam kaya bentuk brownies, abstrak agar beda dari yang lain kemudian ditambahkan madu, aloivera, kopi di dalam sabunnya itu sendiri selain wangi tapi bermanfaat juga,” paparnya.

Dijelaskan Anissa, dalam pembuatan sabun ala siswa kelas xi Darul Hikam Integrated School Lembang menggunakan cara ‘cold pocess’ dengan kisaran suhu 50 sampai 60 derajat celsius yang kemudian didiamkan pada suhu ruangan selama satu bulan.

“Tidak ada yang sulit sih sebenarnya soalnya prosesnya juga cepet tinggal nyampurin bahan, terus sesuaikan suhu,” tukasnya. (tio/tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here